Visi:
Menjadi Madrasah Inklusif yang Menghasilkan Generasi yang Berakhlak Mulia,
Berdimensi Multiliterasi, , Berdaya Saing Tinggi, serta Peduli Terhadap Lingkungan
Misi:
1.Menyediakan pendidikan yang inklusif dan berkualitas bagi semua siswa tanpa
diskriminasi
2. Menyediakan lingkungan belajar yang kondusif, inovatif, dan berwawasan
lingkungan
3. Menerapkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja, perkembangan
teknologi informasi, serta memperkuat pembelajaran yang terintegrasi dengan
nilai-nilai al-Qur’an dan Hadis
4. Meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengembangan sumber daya manusia
melalui pelatihan, penelitian dan pengembangan Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
5. Meningkatkan kemandirian dan kewirausahaan siswa melalui program
keterampilan yang berbasis kearifan lokal setempat
6. Menumbuhkan karakter siswa yang berakhlak mulia, berwawasan lingkungan, dan
berwawasan global dengan mengintegrasikan nilai-nilai Al Qur'an dalam kegiatan
pembelajaran dan kehidupan sehari-hari
7. Berperan aktif dalam pengembangan masyarakat melalui program kegiatan sosial,
pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan pelestarian lingkungan
8. Menjalin kemitraan dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta dalam rangka
mengoptimalkan pengembangan pendidikan, pelestarian lingkungan, dan
memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.
|
Kasi Pendidikan Madrasah meinjau Ujian Madrasah di MTs Arifah GowaPallangga (Humas MTs Arifah) Sebanyak 319 Peserta men..
![]() |
Dalam suasana syawal yang penuh berkah, keluarga besar MTs. Arifah Gowa menggelar kegiatan Halal Bihalal di Lapangan Fut..
![]() |
Dalam suasana syawal yang penuh berkah, keluarga besar MTs. Arifah Gowa menggelar kegiatan Halal Bihalal di Lapangan Fut..
Dra. Hj. St. Satiah
Kepala Madrasah
Nur Wahyu Islamiah, S.Pd
Wakamad Sarpras
Ahmad Suryadi, S.Pd., M.Pd
Wakamad Kurikulum
Aulil Amri Sulaiman, S.Or., M.Pd
Wakamad Humas
Mansyur B., S.Pd
Wakamad Kesiswaan
Pada tahun 2021, Indonesia mengenalkan konsep "Kurikulum Merdeka" sebagai upaya untuk memperbarui pendidikan di negara tersebut. Inisiatif ini diharapkan dapat mengembangkan kreativitas, keterampilan, dan karakter peserta didik serta meningkatkan relevansi pendidikan dengan tuntutan zaman. Berikut adalah beberapa poin penjelasan mengenai Kurikulum Merdeka:
1.Kurikulum Merdeka menekankan pembentukan karakter peserta didik yang kuat, termasuk aspek kejujuran, keberanian, kedisiplinan, dan tanggung jawab.
2.Kurikulum ini mendorong pembelajaran yang lebih kontekstual, di mana materi pembelajaran dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Hal ini bertujuan untuk membuat pembelajaran lebih bermakna dan relevan.
Hubungan masyarakat (Humas) merupakan fungsi Management untuk membina dan mempertahankan serta mengembangkan hubungan komunikasi yang harmonis antara satu pihak dengan pihak yang lain, seperti masyarakat atau Instansi / lembaga lainnya. Keberadaan Humas di MTs. Arifah berupaya mengkomunikasikan atau menyampaikan pesan yang menginformasikan pada pihak luar atau orang lain.Kegiatan kehumasan yang telah berlangsung di MTs Arifah antara lain:
1. Menjalin kerjasama yang harmonis antara Madrasah dengan pihak orang tua / wali siswa melalui Komite Madrasah.
2. Melakukan pemantauan terhadap kebijakan atau program yang sedang dan atau dilakukan.
3. Memberikan konstribusi pada staf dan para guru berupa informasi kedinasan ataupun non dinas agar tercipta sinergi dan kinerja yang baik dalam rangka penyelenggaraan pendidikan.
4. Menjalin hubungan baik dengan masyarakat dan instansi lain dalam rangka penyelenggaraan pendidikan dan pengembangan kultur Madrasah.
Sarana Pendidikan adalah peralatan dan perlengkapan yang secara langsung digunakan dan sebagai penunjang proses pendidikan, khususnya proses belajar mengajar. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di MTs Arifah bertugas mengatur dan memelihara sarana dan prasarana pendidikan agar dapat memberikan kontribusi secara optimal pada jalannya proses pendidikan. Kegiatan manajemen berkoordinasi dengan Tata Usaha ini meliputi: merencanakan, mengadakan, mengawasi, menyimpan dan menata serta mengusulkan penghapusan barang-barang inventaris Madrasah.
Tujuan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di MTs. Arifah adalah agar dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif. Madrasah yang menyenangkan baik bagi guru, pegawai maupun siswa ketika berada di madrasah. Di samping itu tujuan lainnya adalah untuk menyediakan fasilitas belajar yang memadai baik secara kuantitatif maupun kualitatif dan relevan dengan kebutuhan pembelajaran serta dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan proses pendidikan dan pembelajaran.
Program Sarana dan Prasarana Pendidikan MTs Arifah yang akan dilaksanakan pada tahun pembelajaran 2021/2022 yaitu:
1. Menginventaris barang-barang madrasah bekerjasama dengan tata usaha.
2. Penambahan Sarana Prasarana PBM.
3. Pemeliharaan sarana, prasarana, serta kebersihan dan keindahan Madrasah.